April 22, 2013

Announcement of JKT48 1st Single : RIVER




Malam ini di teater JKT48 dalam acara Heavy Rotation Special Teater Show telah diumumkan bahwa JKT48 akan merilis single pertama dan terbarunya! Dan judul dari single tersebut, tidak lain dan tidak bukan, adalah salah satu dari sedikit lagu milik AKB48 yang cukup legendaris dan punya makna sejarah yang dalam bagi perjuangan AKB48 di masa lalu : RIVER !!

Mungkin banyak yang bingung dengan sebutan "single pertama dan terbaru", karena pada dasarnya yang dirilis oleh JKT48 sebulan-dua bulan yang lalu adalah "Album Heavy Rotation" dan bukan berformat single.

Gampangnya dalam konteks bisnis idol group dan 48Family selama ini, SINGLE adalah rilisan lagu terbaru dimana hanya terdapat 2-3 lagu di dalamnya, yang kemudian ditambahkan versi instrumentalnya sebanyak 2-3 lagu dengan judul yang sama. Jadi misalkan single pertama ada lagu RIVER, maka akan dimasukkan pula versi off-vocal/karaoke/instrumental dari lagu RIVER sebagai pelengkapnya.

Sedangkan ALBUM adalah rilisan lagu berjumlah lebih dari 6 lagu; ambil saja contohnya album JKT48 yang pertama yang isinya berjumlah 10 lagu.

Berikut adalah susunan 16 member senbatsu (Tim Pilihan) Team J untuk single terbaru JKT48 kali ini. RIVER adalah lagu yang dalam formasi blocking-nya membutuhkan VV-Center (baca: Double Center) :

- Haruka 
- Kinal (Center – Blocking Takamina AKB48)
- Jeje 
- Rena 
- Gaby 
- Melody (Center – Blocking Maeda Atsuko AKB48) 
- Rica 
- Nabilah 
- Akicha 
- Delima 
- Shania 
- Veranda 
- Achan 
- Dhike 
- Stella 
- Beby


Sedangkan berikut ini adalah 7 member Team J yang tidak dimasukkan dalam senbatsu (Tim Pilihan) single terbaru JKT48 ini :

- Diasta 
- Frieska 
- Sonia 
- Sendy 
- Ghaida 
- Cindy 
- Sonya


FYI, sedikit bocoran dari pihak dalam:

Senbatsu RIVER ditentukan berdasarkan seleksi/audisi. Yang terpilih adalah yang bisa menguasai lagu ini dengan paling cepat dan paling baik. Pada dasarnya, semua anggota Team J saling bersaing memperebutkan posisi / blocking di lagu ini.

Jadi yang masuk senbatsu untuk saat ini adalah member dengan skill yang terbaik, bukan sekedar jumlah fans yang banyak. Karena River merupakan lagu yang sarat dengan makna sejarah perjuangan AKB yang dalam, maka disyaratkan adalah member dengan skill yang terbaik. Dan sepertinya yang diutamakan adalah kemampuan dance.

Mungkin banyak fans yang tidak bisa menerima jika oshimennya tidak masuk senbatsu, padahal selama ini mereka selalu masuk dalam formasi lagu apapun di JKT48. Tapi inilah kenyataan dunia idol, member pun selalu ada masa naik turunnya.

Dan bagi yang belum tahu senbatsu yang sebenarnya itu apa, akan coba kujelaskan dengan singkat namun sejelas mungkin. Pada dasarnya, senbatsu (tim pilihan) ditentukan berdasarkan tiga cara, menurut konteks sejarah AKB48 dulunya:

1. Dipilih oleh pihak Manajemen
2. Dipilih melalui Pemilu Senbatsu (Sousenkyo Senbatsu)
3. Dipilih melalui Janken Turnamen (Turnamen Suit Jepang)

Malam ini kita telah menjadi saksi dari cara pertama yang ada, yaitu member senbatsu dipilih oleh manajemen berdasarkan proses audisi atas dasar proses kemajuan tiap member dan kemampuan-kemampuan khas yang dimiliki member-member tertentu yang dipandang mampu untuk membawakan / mewakili imej dari lagu yang akan dirilis.

Cara kedua dan ketiga, menurut sejarah AKB48, adalah hasil dari ketidakpuasan fans akan formasi yang selama ini ditentukan oleh cara pertama. Cara kedua merupakan cara untuk memilih senbatsu dengan formula voting berbayar dari fans oshimen masing-masing. Di sini yang terpenting bukanlah jumlah fans terbanyak, melainkan jumlah voting yang masuk ke oshimen masing-masing.





Sedangkan cara ketiga merupakan cara untuk memilih senbatsu yang mengandalkan keberuntungan/LUCK dari masing-masing member dengan adu suit jepang (batu-gunting-kertas). Sistem yang digunakan di cara ketiga adalah sistem turnamen / versus layaknya tabel turnamen-turnamen sepakbola eropa yang sering kita saksikan di tv-tv nasional/lokal. Di sini sekali lagi yang terpenting adalah murni nasib mujur para member yang akan menentukan posisi mereka di senbatsu.



Satu hal yang diperhatikan adalah dengan adanya kejutan dari member-member berfans banyak yang ternyata tidak dimasukkan manajemen dalam formasi 16-member di lagu RIVER ini, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi sistem formasi yang akan terus berubah-ubah mengikuti kebijakan manajemen dalam menilai kemajuan idol-idolnya. Biasakanlah untuk bisa mawas diri menerima bahwa untuk lagu jenis tertentu, mungkin oshimennya memang tidak cocok dimasukkan dalam lagu tersebut. Namun, mungkin saja oshimen kalian cocoknya di lagu berjenis lain, sehingga pastinya manajemen akan memasukkannya di lagu tersebut.

Sekali lagi, sebagai fans biasakan lah diri kalian, bahwa inilah seleksi alam ala 48Group. Di sinilah hati kita diuji dan sekaligus kebersamaan kita diuji sebagai bagian dari keluarga JKT48.

Jangan ada yang menjelek2an member karena menganggap bahwa gara2 dia, oshimen kalian tidak masuk senbatsu. Hey, masih ada kesempatan banyak sekali kawan... Karena kalian harus tahu bahwa ketika sebuah idol group dari 48Family menelorkan single/album baru, maka tradisinya adalah mereka akan rilis single baru dalam jangka waktu 2-3 bulan sekali. Banyak sekali kesempatan kawan~~ ♪♪( ´ ▽ ` )ノ

Untuk tahu lebih jelasnya, mengenai sejarah dan konsep komplit mengenai 48Family dalam sekali baca, sangat direkomendasikan untuk mencoba menilik produk/buku ini. Secara komprehensif, buku ini akan menjelaskan kepada kalian sejarah 48Family dari awal terbentuk hingga saat ini, sehingga kalian tidak akan kagok lagi dalam menyikapi fenomena-fenomena 48Group yang kalian mungkin justru belum memahaminya dengan komplit dan baik. ♪(^-^)/


Anyway, Congratulation Delima~~!! Akhirnya setelah setahun menjadi member yang tidak diperhitungkan, kamu telah tumbuh menjadi member yang bisa masuk ke dalam jajaran senbatsu untuk lagu selegendaris RIVER~~!! ヽ(;▽;)ノ


____________________________________________________
Mau tahu sejarah AKB48 dan biografi Takamina secara lengkap dalam bahasa Indonesia?? Sekarang anda bisa membelinya dengan mengunjungi situs :
atau

Fans yang baik adalah fans yang tidak melupakan sejarah idolanya
~ ^w^

15 comments:

  1. untung nabilah ama haruka masuk ahhaha komen back y

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya ini trik manajemen buat memaksimalkan dukungan fans ,member yg kurang mainstream diharapkan dapat menarik fans baru dan member mainstream yg tergeser posisinya diharapkan meningkatkan kualitas performance kedepan lebih baik supaya dipercaya manajemen kembali .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai dengan single terbaru yang bertemakan self-militer dan peperangan batin, baik member dan fans akan menyadari bahwa meskipun JKT48 adalah satu kesatuan, namun sesungguhnya mereka juga pesaing satu sama lain.

      ibaratnya seperti sahabat kita semenjak masa kuliah/SMA yang satu jurusan, ternyata kelak di sebuah perusahaan harus berebut posisi manajer/supervisor yang hanya ada satu.

      Jadi ada perasaan kalut dan bersalah jika mendapat jabatan itu, namun bagaimana pun juga harus berusaha untuk mendapatkannya demi kemajuan diri sendiri. :)

      Delete
  3. Terimakasih Infonya... iya nih harus membiasakan dengan pola 48 Fams.. akan ada kejutan di setiap perjalanannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. JKT baru setahun lho, masih banyak kejutan lainnya. Dan mungkin kalau fans gak siap, bakalan ikutan grad juga nih :P

      Mungkin para fans bisa mempersiapkan diri dan oshimennya dengan terlebih dahulu mengetahui jalur-jalur sejarah yang akan dialami setiap 48Group dengan membeli buku: Tribute to Takahashi Minami - The Untold Story of AKB48's Leader dengan link yang sudah ditambahkan di atas.

      ^_^

      Delete
  4. Replies
    1. Delima >> "Hardwork Never Looks So Good Before"

      :D

      Delete
  5. berasa kgk terima Acchan x Minami digantiin :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimalah bahwa regenerasi akan selalu terjadi :3

      Delete
  6. Replies
    1. Ada, dan sebenarnya sudah selesai dibuat sebelum pengumuman dibuat.

      Delete
  7. Sendy ga masuk senbatsu...!!
    ajaiiibbb bngt,,
    pdhl dr segi vokal di team j, sendy trmasuk yg terbaik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cindy juga ga masuk, padahal aura idolnya besar juga. >.<

      semua udah dipertimbangkan oleh pihak manajemen, dan berbagai alasannya sudah aku ungkapkan di atas lho. selain ada kemungkinan bahwa demi mengekspos para member lain yang belum terkenal tapi levelnya setara.

      RIVER itu lebih membutuhkan dance dan stamina yang selevel para member AKB48. Itu lagu yang levelnya tinggi dan makna sejarahnya juga dalam. Jadi senbatsu yang terpilih adalah mereka yang karakter dan progressnya paling mewakili imej dari RIVER itu sendiri. Sepertinya hanya masalah cocok atau tidak cocoknya imej seseorang dengan lagu tersebut.

      Selama ini selalu begitu kok, sistemnya manajemen AKS seperti itu dalam memilih tim senbatsu di setiap lagu yang berbeda..

      Delete
  8. ya g mau ribet dan yang mau nyari yg lebih keren dari dance maupun vokal... mending ikutin aja Morning musume salah satu nenek moyang sejarah per idolan dijepang.. baru ngeluarin single ke 53 Brainstroming.

    ReplyDelete