April 3, 2013

Tribute to Takahashi Minami #1 - Profile

Tidak terasa lima hari lagi Takahashi Minami, leader AKB48 kita yang tercinta ini, akan segera merayakan ulang tahunnya yang ke-22. ()

Nah, nah~~ Sebagai salah satu fansnya yang sangat mengagumi dan menjadikannya panutan dalam hidup, aku akan membuat sebuah proyek untuk ulang tahunnya~!! ( *ω´)

Dan itu adalah.....

"Napak Tilas Perjalanan Takahashi Minami : Lima Hari Pembahasan SPECIAL !!"
*・゜゜・*:....:*’(**)’*:.. ..:*・゜゜・*

Yeeeyy~ 

Selama lima hari ini, aku akan membagikan sekitar 30% dari isi buku "Tribute to Takahashi Minami - The Untold Story of AKB48's Leader". Yah.... Di satu sisi sebagai proyek untuk oshimen, di sini lain sebagai proyek promosi buku UNOFFICAL ini! 

Yap, sekali lagi UNOFFICIAL~! ( *ω´)

Namun, meski tidak resmi, isinya aku jamin cukup komprehensif dan lengkap bagi kalian-kalian yang ingin mengetahui AKB48, terutama dari sudut pandang Takamina, yang terbentuk sejak tahun 2005 sampai dengan 2012 (batas tahun sejarah chapter pertama AKB48 menurut buku ini)

Jadi... Selamat menikmati~!! ♪♪( ´  ` )

____________________________________________________________


Berbicara tentang AKB48, maka kita tidak boleh melupakan figur yang satu ini. Karena dialah yang menyokong AKB48 sejak awal berdirinya idol group fenomenal tersebut menjadi sampai seperti sekarang ini.


Takahashi Minami [高橋 みなみ], dengan nickname Takamina.  Lahir di Tokyo pada 8 April 1991, dan sejak kecil dikenal sebagai anak gadis yang tomboy, berambut pendek, selalu bercelana panjang bahkan jarang memakai rok kecuali di sekolah saja.  Ia merupakan salah satu anggota generasi pionir AKB48 selain Itano Tomomi, Kojima Haruna, Minegishi Minami, dan Shinoda Mariko yang masih bertahan sampai sekarang ini.

Takamina dikenal memiliki banyak sisi unik, salah satunya adalah catchphrase yang diucapkannya pada setiap sesi jikoshoukai (perkenalan diri) kepada para fans

見かけはちょっぴりヤンキー心はガラスのハートたかみなこと高橋みなみです!
Mikake wa chouppiri yankii kokoro wa garasu no haato Takamina koto Takahashi Minami desu!
(My appearance is slightly yankii, but my heart is a glass. Called Takamina, Takahashi Minami!)

Ya, jika dilihat sekilas saja sosok Takamina akan mengingatkan kita pada bos-bos yankii (=preman) yang manly, maskulin, dan dipatuhi semua bawahannya. Apalagi diakui oleh beberapa fansnya bahwa ia memang memiliki ‘muka tua’. Namun, seorang gadis tetaplah seorang gadis. Beberapa member seperti Kojima dan Mariko sering mengungkapkan sisi girly dari leader mereka yang satu ini. Selain hitam dan putih, Takamina pun menyukai warna pink dan sering sekali memakai ribbon yang menjadi trademark-nya di hampir setiap kostum panggungnya.

Hati yang bagaikan gelas kaca, mempunyai arti bahwa Takamina memiliki hati yang gampang tersentuh. Ia dikenal juga sebagai member yang paling gampang menangis kalau ada sesuatu yang sangat menyedihkan dan mengharukan. Dan sisi girly yang satu ini yang membuat rekan-rekannya dan para staf AKB maupun program-program televisi khusus AKB sangat suka dan sering mengerjainya. Yang lebih lucu lagi, Takamina sendiri cepat memaafkan dan tidak gampang curiga akan dikerjai lagi setelah mengalaminya, membuatnya juga dikenal sebagai “idol yang paling asyik untuk dikerjai”.

Dan ternyata ia memiliki sisi polos yang cukup langka di antara sesama idol perempuan sepertinya, bisa dibilang maiden heart. Di sebuah acara televisi Jepang yang disiarkan setiap tengah malam, terungkap beberapa fakta yang cukup mengejutkan, diantaranya: sangat sungkan memakai bikini saat sesi foto karena dirasa terlalu terbuka, sangat ingin kencan pertama dan first kiss-nya berkesan, teguh memegang prinsip kesucian diri sampai menikah, dan lain sebagainya.

Beberapa fakta unik lainnya terkait dengan angka yang menjadi simbol khas idol group yang dimasukinya: 48. Togasaki Tomonobu, manager teater AKB48, pernah menyampaikan sebuah anekdot mengenai alasan terpilihnya Takamina masuk menjadi generasi pertama AKB48. Yaitu tinggi badannya (148,5 cm) beserta tanggal kelahirannya (di negara Jepang, penulisan resmi untuk kalendernya adalah Tahun 1991 Bulan 4 Tahun 8) mengandung unsur 48. Lucunya lagi ketika Takamina pernah mengungkapkan bahwa tingginya benar-benar menyusut menjadi pas 148 cm. Bagi para fans hal tersebut seperti membuktikan betapa keramatnya angka 48 pada diri sang pemimpin.

Di antara beberapa fakta di atas, masih banyak lagi hal-hal yang unik tentang Takahashi Minami, dari yang penting sampai yang tidak penting sekali, yang telah dirangkum secara ringkas di bawah ini:
- Motto : Jalanilah hidup dengan menjadi dirimu sendiri tanpa ragu dan tanpa terikat oleh apa pun.
- Hobi : Membaca manga/komik Jepang.
- Lagu Audisi : Hamasaki Ayumi – Will.
- Bakat Tak Terduga : meniru gambar orang lain.
- Binatang Kesukaan : hampir suka semua binatang, terutama kucing (padahal alergi kucing).
- Artis Favorit : Flumpool, Aqua Timez, w-inds, Nakamori Akina.
- Komik Favorit : One Piece, namun lebih umumnya adalah shounen manga (jenis/genre komik untuk remaja cowok pada umumnya).
- Buku Favorit : Uncle Tom.
- Musim Favorit : Musim Semi dan Musim Gugur.
- Merek Fashion Favorit : Onespo.
- Distrik/Tempat Favorit : Shibuya.
- Tempat Favorit di dalam rumah : Di dalam kotatsu (semacam meja penghangat yang sering digunakan pada musim dingin dengan selimut di atasnya).
- Film Anime Favorit : “Crayon Shin-chan: Calling The Storm” dan “Battle of The Warring States”.
- Makanan Favorit : Katsudon, Hamburger Steak.
- Makanan yang Tidak Disukai : sushi, brokoli, tomat.
- Imej Ideal Tentang Perempuan : seseorang yang kelihatannya sempurna, namun sebenarnya tidak.
- Kepercayaan Aneh : makan Katsudon agar bisa membantunya kembali semangat.
- Impian : Ingin debut mandiri sebagai solo artist / solo singer, tetapi masih menjadi bagian dari AKB48
- Pernah menjadi anggota Light Music Club.
- Kalau bisa, ia juga ingin menjadi seorang seiyuu (pengisi suara animasi Jepang).
- Takamina terkenal dengan ‘Fail Character’-nya yang sering melontarkan lelucon dan akting yang garing pada saat mendapat giliran MC sehingga oleh para fans ia mendapat julukan lain, yaitu Suberi Queen (Ratu Garing).
- Hanya percaya ramalan kalau ramalannya bagus-bagus saja.
- Sangat ingin bisa pergi ke Mesir.
- Bisa merasa sangat senang ketika sadar bahwa sewaktu-waktu dia bisa bersantai dan menutup mata sejenak.
- Sensitif pada perubahan suhu hangat-dingin.
- Lebih suka berkegiatan indoor daripada outdoor.
- Lebih suka nonton olahraga daripada ikut olahraga.
- Lebih suka nasi daripada roti.
- Selalu ingin makan katsudon buatan mama untuk kudapan malamnya, jika sedang ngidam.
- Pahlawan masa kecilnya adalah Kakuranger.
- Pernah sangat suka dengan lagu “Forever Memories” yang dibawakan oleh w-inds untuk waktu yang lama.
- Pantang menyerah, bahkan diakui oleh member lainnya dan dirinya sendiri kalau ia termasuk salah seorang yang paling keras kepala kalau berdebat.
- Sangat mahir dalam koregrafi yang cepat dan dinamis, namun sangat buruk dalam koreografi yang elegan dan anggun.
- Suka pada laki-laki berpakaian rapi dan berjas, karena diakuinya sangat elegan saat mereka merapikan kerahnya. Adapun tiga kriteria cowok kesukannya: lebih tinggi dari dia, kocak/humoris, dan bisa mengatur keuangan dengan baik. Dan dia lebih suka jadi pihak yang ditembak cowok daripada jadi pihak yang menembak. Syaratnya pun harus dilakukan secara langsung tatap muka.
- Pernah menilai dirinya sendiri setingkat nilai 3 dari 10, karena ia merasa dirinya kurang memiliki sisi feminim dan tampak mengecewakan/gagal sebagai seorang perempuan.
- Sering dipanggil “Papa” oleh beberapa member AKB48.
- Bisa diperhatikan bahwa ia sering memberikan pidato dan bisa membimbing seluruh anggota di setiap panggung konser maupun teater. Hal ini membuat fans secara de facto mengakuinya sebagai kapten dari seluruh AKB48.


Kegigihan dan perjuangannya sebagai salah satu member pioner dan seorang leader, membuat tidak berlebihan jika dikatakan bahwa AKB48 mungkin tidak akan sebesar sekarang jika tak ada dirinya. Pernah menjadi kapten Team A, dipercaya oleh semua member sebagai leader de facto dari seluruh team AKB48, dan kini ia diberi kepercayaan memegang posisi General Manager dari seluruh jajaran 48Family. Artinya bukan hanya memimpin AKB48 juga, namun Takamina memiliki tanggung jawab untuk menjadi pemimpin SKE48, HKT48, NMB48, JKT48, SNH48, dan TPE48.

Oleh karena besar tanggung jawabnya, ia pun banyak belajar ilmu kepemimpinan dari Akimoto Yasushi, sang Total Producer. Bahkan Takamina memiliki sebuah prinsip kepemimpinan yang teguh dipegangnya:

“Sebagai seorang pemimpin, bersiaplah untuk dibenci karena tidak semua orang mau mengikuti perintahmu. Tapi buktikanlah dan percaya pada dirimu sendiri bahwa kau mampu membawa mereka ke arah yang lebih baik.”

Suka duka seorang Takahashi Minami, yang pernah menjabat sebagai kapten Team A dan juga sebagai pemimpin seluruh 48Family sangat banyak mengiringi perjalanan hidupnya. Tetapi ia merasakan bahwa AKB48 adalah keluarga keduanya. Pada saat latihan maupun saat akan tampil, ia bisa menjadi seorang yang sangat disegani dan dihormati oleh para member dan para staf sekalipun. Hal tersebut dikarenakan Takamina menginginkan yang terbaik di setiap penampilan mereka sehingga tidak mengecewakan para fans.

Tetapi di luar itu semua, Takamina bisa menjadi seorang kakak sekaligus ibu yang sangat penyayang dan perhatian terhadap rekan-rekannya. Tak jarang terlihat setiap kali ada personil sedang kesusahan ia tidak segan untuk langsung datang membantu ke tempat rekannya tersebut. Pernah suatu ketika ada salah seorang member yang mengaku gelisah akan masa depannya via telepon, langsung ia datangi pagi-pagi di teater masih dalam kondisi berpiyama dan dengan sikat gigi di mulutnya. Tidak jarang juga ia ikut menangis bersama-sama dengan para member yang sedang patah arang dan hal itu makin mendekatkan hubungan batin di antara mereka semua.

Oleh karena itulah, Akimoto Yasushi selaku produser pernah melontarkan sebuah pernyataan bahwa AKB48 adalah Takahashi Minami. Tanpa seorang Takamina, AKB48 tidak akan bisa menjadi seperti sekarang ini.





Jangan lupa kawal terus ceritanya ya~ (=´)=)


______________________________________
Mau tahu sejarah AKB48 dan biografi Takamina secara lengkap dalam bahasa Indonesia?? Sekarang anda bisa membelinya dengan mengunjungi di website ini dan di fanpage ini.

Fans yang baik adalah fans yang tidak melupakan sejarah idolanya~ ^w^

6 comments:

  1. wa...arigatou...idola ane terkupas abis disin...kenapa tidak lebih awal ane tau blog ni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau tahu lengkapnya perjalanan dia bersama AKB48, beli aja bukunya di sini: swag48shop.blogspot.com/2013/06/jual-buku-sejarah-takahashi-minami.html

      :D

      Delete
  2. bang masih dijual gak bukunya ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jual kok. Masih ada 20 stok buku (Tipe A) dan 20 stok e-book (Tipe B / C)

      Silahkan ke http://swag48shop.blogspot.com/2013/06/jual-buku-sejarah-takahashi-minami.html untuk informasi lebih lanjut :)

      Delete
  3. Waa.. thanks buat infonya gan :D

    ReplyDelete