April 2, 2013

Takahashi Minami New PV - Yabureta Hane [Interpretasi Video]

PV dari single debut Takamina yang baru telah dapat ditonton di www.vid48.com. Setelah PV Jane Doe yang telah bocor, kali ini PV Yabureta Hane juga bisa ditonton di website tersebut. FYI, Yabureta Hane adalah coupling song dari single utama Jane Doe.

Mari support Takamina dengan membeli single solo debutnya yang asli, jangan yang bajakan saja yah~! ^_^

Oke, karena aku barusan selesai ujian, aku akan menginterpretasikan PV ini selengkap-lengkapnya, menurut apa yang bisa kutangkap.

Sebenarnya akan lebih mudah jika melihat video ini dalam konteks "pengandaian" atau "metafora" daripada melihat video ini dalam konteks "harafiah". Karena seperti kita tahu, hobinya orang jepang bikin video tu selalu mengajak orang mengerti makna sebenarnya dari pesan2 berjalan (film) yang sangat tersirat. (eaaa... puitis mode on)

Dan ini adalah interpretasi dariku:
____________________________________________


Takamina sebenarnya sudah meninggal, dan ia menunggu di depan gerbang alam barzah/keabadian. Menunggu seseorang yang ia sayangi yang ada di balik gerbang tersebut.




Ya, dan lagi orang itu telah ada sejak mereka masih kecil. Mereka berdua adalah teman sejak kecil. Mereka berdua sudah bersama-sama sejak dulu.



Di waktu yang sama seorang kakek, dengan langkah kaki yang ringkih, menuju ke pintu gerbang tersebut.




Sembari meraba2 rasa dari alam keabadian yang tersembunyi di balik pintu tersebut, si kakek mengenang kembali masa-masa hidupnya sewaktu muda. Ya, pemuda tersebut adalah si kakek itu sendiri, sekaligus orang yang ditunggu oleh Takamina.





Kenangan yang paling terpatri oleh pemuda itu adalah saat-saat dimana hidup bersama Takamina menjadi kebahagiaan terbesarnya (dilambangkan dengan mahkota bulu/sayap putih malaikat yang diserahkan oleh sosok Takamina).




Dan sekaligus kenangan yang paling membuat si pemuda/si kakek tersebut sedih adalah ketika kebahagiaan tersebut berlangsung singkat dan Takamina mati (dilambangkan dengan pemuda tsb tidak sempat menerima mahkota itu dan harus melihat sendiri kematian Takamina).





Takamina (ceritanya dalam bentuk roh) menunggu di gerbang tersebut dan menyaksikan sendiri kelanjutan kisah pemuda yang dicintainya itu setelah kematiannya. Pemuda itu bertemu dan berpacaran dengan wanita lain, di depan gerbang alam barzah tersebut (seolah-olah mereka meminta restu dan perlindungan dari takamina untuk mengawasi mereka). Pada bagian ini lirik "it's not that i've fallen in love with somebody else" diperdengarkan.




Dan Takamina kemudian mengawasi perjalanan mereka berdua, saat mereka bermesraan dan saat mereka bertengkar dan terlihat tidak akan bersatu lagi. Terlihat dari dinamika mimik wajah Takamina yang penuh dengan bittersweet feeling. Dia terlihat sakit hati karena kemesraan mereka, namun juga tidak suka ketika melihat mereka berdua berpisah. Dan Takamina mengkhawatirkan mereka berdua.





Beberapa tahun berselang, Takamina kembali menemukan bahwa pemuda yang dicintainya sudah memiliki putra bersama dengan wanita tersebut. Takamina sangat shock, namun juga merasa bahagia ketika melihat bahwa pemuda yang dicintainya menjalani hidup bahagia di dunia tanpanya. Sekali lagi: bittersweet feeling. (disinilah aku semakin jatuh cinta dengan Takamina dan ekspresi super yang diperlihatkannya~! >w<)




Flashback kenangan si kakek/kisah hidupnya yang dikawal oleh Takamina telah usai. Dan kini... telah tiba saatnya bagi sang kakek untuk menyambut saat kematiannya sendiri. Semasa hidupnya ia telah bahagia, namun cinta sejatinya tetap untuk Takamina (disimbolkan dengan dirinya yang mengingat janji masa kecilnya dengan Takamina, yaitu memakai mahkota bulu putih sebagai janji setianya pada Takamina sejak masih kecil).






Ya, "I still love you". Walau kematian memisahkan, cinta antara sang pemuda dan Takamina tetap abadi. Di depan gerbang pembatas alam nyata dan alam keabadian tersebut, Takamina mendapati sang pemuda telah berdiri di belakangnya dengan membalas pemakaian mahkota bulu tersebut di kepalanya.

Akhirnya setelah lama menunggu, keduanya bersatu kembali dalam bentuk roh. Dan bersama-sama, mereka berdua mulai berjalan beriringan, memasuki alam keabadian dimana kematian tidak akan memisahkan mereka berdua lagi.



-Fin-
___________________________________________________

Hm... Kira-kira seperti itulah interpretasinya, mohon maaf bila ada yang tidak setuju dengan sudut pandangku... m(_ _)m

Liriknya dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut:

It’s heading somewhere
I can hear the train’s whistle
From the quiet of my room
What should I say to you?
No matter the words, I don’t think they will reach you

As one cannot touch a torn feather
I hold you in my arms
With a gentle kiss I brush away
Each of your fallen tears
I still love you

That the two of us met
Is a sin that we share
We’ve said our goodbyes
Destined for punishment
How should I tell you that I’m sorry?
It’s not that I’ve fallen in love with somebody

These beautiful feathers seem so fragile
I’m filled with worry as they come fluttering down
I just want you to stay as you are
Keeping your pure heart free from stains
I still love you

Opening the door
I slowly flap my wings

If I could have healed these torn feathers
Maybe I would have been holding you back
It’s time to set free the love that I kept caged up in my heart

As one cannot touch a torn feather
I hold you in my arms
With a gentle kiss I brush away
Each of your fallen tears
I still love you


______________________________________
Mau tahu sejarah AKB48 dan biografi Takamina secara lengkap dalam bahasa Indonesia?? Sekarang anda bisa membelinya dengan mengunjungi di website ini dan di fanpage ini.

Fans yang baik adalah fans yang tidak melupakan sejarah idolanya~ ^w^

2 comments:

  1. Setuju gan,saya juga berpikir kalau ceritanya seperti itu. Terasa banget sedihnya T_T
    Sejak kecil berteman baik,lalu akhirnya jadian,tapi belum sempat ngasih mahkota itu ke cowoknya,Takamina keburu meninggal >_<
    Dan pas dia ngeliat kalau ada cewek lain yang akhirnya menikah dengan cowoknya,keliatan banget Takamina sedih+senang,makin gak tahan liat videonya T_T

    ReplyDelete
  2. vidio nya di youtube udah dihapus kah???
    minta donggg... aku baru ska akb niii

    ReplyDelete