April 18, 2013

Tutorial Memberikan Vote pada Sousenkyo Senbatsu (Pemilu) AKB48

Kemarin aku baru saja mendapatkan cara-cara dan langkah-per langkah agar kita bisa memberikan vote kita pada oshimen kita yang mengikuti Sousenkyo Senbatsu AKB48 bulan Mei-Juni 2013 mendatang ini. 

Kebetulan saja sih kemarin aku mau ambil CD Type A + B +C single debutnya Takamina "Jane Doe" di rumah super-ganteng-boss of fanbase Jogja (LOLOLOL~~), dan di sana aku dikasih tahu cara-caranya dia waktu voting Sashihara Rino di pemilu tahun lalu. Jadi meskipun tidak pasti sama dengan tahun ini, setidaknya pengalamannya bisa memberikan pencerahan pada fans-fans 48Family yang baru dan belum tahu cara voting di Sousenkyo Senbatsu (termasuk aku juga~~)

Di bawah ini adalah langkah-langkah dari awal sampai akhirnya secara ringkas dan jelas, dengan asumsi bahwa kita akan memakai cara tradisional dalam mendapatkan hak voting:

Langkah 1: Membeli single AKB48 31th "Sayonara Crawling" langsung dari Jepang, dan dapatkan tiket votingnya.

Langkah 2: Pastikan bahwa ada kode voting yang terdiri dari dua kelompok yang terpisah spasi, dan juga alamat website yang merujuk langsung ke website votingnya. Berikut ini contoh tiket voting sousenkyo senbatsu tahun lalu yang didapat dari membeli single AKB48 27th "Manatsu no Sounds Good" :



Di sana tertulis dua kode voting yang terpisah spasi: 8257592 dan 5187247 (dua kode ini sengaja aku pisah dan aku beri warna berbeda untuk memudahkan pemahaman langkah berikutnya)

Dan di sana tertulis alamat http://akb48-sousenkyo2012.jp >> ini adalah alamat yang bisa digunakan oleh para fans untuk menyalurkan hak suaranya.

Langkah 3: Menuju ke alamat website yang dimaksud, kemudian jangan lupa untuk memastikan siapa member/oshimen mu yang akan kau berikan hak suaramu. 

Saran: Mungkin cara kerjanya bisa berbeda antara tahun lalu dengan tahun ini. Jadi siapkanlah google chrome yang punya fitur terjemahan Jepang>Inggris secara otomatis. Atau jika tidak bekerja atau tidak punya, siap-siap hapalkan gambar atau huruf kanji oshimenmu (nama kanji semua member bisa dicari lengkap di stage48.net/wiki/).

Berikut adalah contoh tampilan website tahun lalu, dimana sudah terpampang gambar dan nama Sashihara Rino sebagai member yang akan kita vote:



Langkah 4 : Masih ingat dengan dua kode voting yang ada di dalam satu lembar kertas voting tadi? Yang  8257592 dan 5187247 itu lho~~? Nah, di dalam tampilan website di atas tersebut, kalian lihat ada dua buah kolom, kan? Tak usah bingung akan kolom mana yang diisi, atau kolom atas di isi apa dan kolom bawah diisi apa.

Karena sesungguhnya caranya adalah demikian, contoh: kode pertama yaitu 8257592 dituliskan ke kolom pertama/yang atas dan kode kedua yaitu 5187247 dituliskan ke kolom kedua/yang bawah.

Langkah 5: Setelah memastikan tidak salah pilih nama/gambar member oshimen dan tidak salah kode/penempatan kode di kolom yang seharusnya, formulir tersebut bisa langsung disubmit. Dan otomatis kode voting tersebut akan hangus karena sudah terpakai untuk memilih oshimen kita masing-masing.


Begitu saudara-saudara? Aku tidak menjamin akan persis seperti ini nantinya, karena ini hanya berdasarkan pengalaman fans lama yang sudah berpengalaman dalam sousenkyo senbatsu tahun lalu. (tahun kemarin aku belum jadi fans, lol~~)

Semoga bermanfaat. m(_ _)m

____________________________________________________
Mau tahu sejarah AKB48 dan biografi Takamina secara lengkap dalam bahasa Indonesia?? Sekarang anda bisa membelinya dengan mengunjungi situs :
atau

Fans yang baik adalah fans yang tidak melupakan sejarah idolanya
~ ^w^

7 comments:

  1. Izin share ya gan...

    conanatsuko48.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, biar semua fans makin tahu cara2 berpartisipasi di ajang ini :)

      Delete
  2. selamat siang mas joglo, saya mau mengajak mas nih yang juga takamina-oshi sepertinya :)

    buat gabung proyek kecil-kecilan sama saya, saya buat situs dan lain-lainnya mungkin mas bisa bantu terjemahin kontennya kita taro disana. dan mungkin bisa berkembang jauh dan memperkenalkan dalam tentang Takamina :)

    if you are interested, then contact me on uthe.strife77@gmail.com as soon as possible :D

    ReplyDelete
  3. link yg ente kasaih masih 2012 uh gan, ganti dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya. :)

      link tahun 2012 ini tetap saya masukkan karena memang postingan ini khusus memberikan ilustrasi tentang cara voting saat tahun lalu.

      untuk link tahun 2013 ini, beserta list idolnya, bisa ke sini: http://takarenda.blogspot.com/2013/05/website-voting-akb48-32nd-single.html

      terima kasih atas perhatiannya :)

      Delete
  4. gan itu kodenya bisa di pakai berkali kali ato cuma sekali doang ?

    ReplyDelete