January 26, 2014

Takamina & Karen Variety Show Review [Week 3 - 2014]


Memasuki tahun 2014 ini, blog ini juga akan memasukkan postingan mengenai review singkat dari beberapa variety show publik yang memuat Takamina dan/atau Karen di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan menonton sendiri acara ini di website-website download yang tersedia (lol) XD

*****************************

AKBingo! [07, 14, & 21/01/2014]

(Untuk membuat review AKBingo! Lucky Girl Ranking ini jadi komprehensif, maka tiga episode yang ada akan dijadikan satu pembahasannya.)

Sebelum membahas para member, mari kita coba lihat secara obyektif acara tahunan ini dibandingkan dengan yang sudah ada tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari episode "Lucky Girl Ranking" paling pertama sampai dengan episode-episode di beberapa tahun sebelumnya, mulai mengalami kemunduran dan makin lama makin membosankan, karena semakin lama hanya semakin fokus pada ranking yang didapat dan pembicaraan serta dinamika antar member yang terjadi tidak punya dampak yang cukup berarti. Namun, 3 episode di awal tahun ini, seakan mulai menepis semua pesimisme itu.


Apa yang berbeda dan terjadi di tahun ini adalah bagaimana para member mempunyai banyak hal untuk direaksikan dan dibicarakan. Episode tahun ini memiliki konten yang sangat menarik dan memberikan kesempatan bagi banyak member untuk mencari perhatian, walau hanya dalam beberapa saat. Bisa dibilang, para staff sepertinya sangat ambisius, ketika mereka mencoba meng-cover sebanyak mungkin konten di 3 episode ini.


Satu hal yang patut diperhatikan juga adalah berapa banyak waktu yang diberikan untuk masing-masing member--beberapa diberi slot khusus dan beberapa hanya masuk sebagai 'digest'. Dan menarik diperhatikan siapa saja yang dipanggil ke studio untuk episode ini. Selain top member senbatsu yang ahli variety show, ada beberapa member 'spesial' yang sengaja di push manajemen ditempatkan di situ, dan beberapa kejutan kecil dari mereka sekalipun diberi waktu yang cukup. Dengan episode yang berat di percakapan (talk-heavy) semacam ini, manajemen terlihat ingin menciptakan topik pembicaraan untuk member yang mereka 'push', namun harus hadir di acara lain. Contohnya, serangan kepala milik Miorin yang menjadi terkenal.

Kedua host peramal dan para member berhasil menunjukkan kerja sama apik selama dua episode pertama, namun episode terakhir menjadi sedikit menurun dan tidak bisa menunjukkan suatu klimaks yang 'wah!'. Semakin mendekati akhir, semakin pasif dan semakin sedikit pembicaraan yang bisa dimanfaatkan. Ditambah, hasil akhir yang seakan 'mengkhianati' ekspektasi fans secara positif (yaitu dengan ketidakhadiran Paruru di studio).


Untuk review para member sendiri, usaha yang ditunjukkan oleh trio Gen-12 spesialis variety show (Karen-Tano-Juri) sudah bisa ditebak cukup berhasil, namun itu semua dihasilkan dari beberapa hal yang berbeda (dan tidak terduga). Tano berada di puncak performanya kali ini. Reaksinya sangat brilian, mulai dari tatapan tajan nan sunyinya setelah penjelasan ngawur dari Shimada, sampai terlihat senang atas ramalan nasib baiknya Karen, dan bersalaman dengan Nana setelah mereka direkomendasikan untuk menjadi impersonator (meniru orang lain sama persis). Apa yang dia lakukan selama tiga episode ini membuat kesuksesan acara ini tetap terjaga.

Ngomong-ngomong tentang ramalan tangan Karen, inilah hasilnya:



- Punya dua 'garis emosi'. Orang yang punya garis semacam ini bisa mengekspresikan emosinya dua kali lebih besar daripada orang biasa. Garis ini menunjukkan bahwa pemiliknya adalah orang yang sangat baik / empatik.

- Punya bakat/kualitas sebagai aktris.

- Akan datang tawaran pekerjaan (berhubungan dengan film) dari luar negeri, dan mungkin saja akan terlibat di bidang perfilman selama 3-4 tahun kedepan.

- Oleh karena itu, mulai dari sekarang harus banyak belajar Bahasa Inggris.

Yang lebih menarik adalah bagaimana Tano tiba-tiba berinisiatif masuk dalam lingkaran diskusi dengan meniru Takamina (di lagu Yume no Kawa). Sangat mengejutkan melihat dia yang tidak pernah berani masuk dalam lingkaran diskusi para senior, bisa dengan beraninya masuk tanpa ragu. Apalagi mengingat saat itu banyak senior juga di sekitarnya. Bisa mengambil keuntungan dari diskusi para veteran dunia idol dan menunjukkan hasil yang hebat, memerlukan keberanian yang besar (dan juga bakat). Dalam hal ini, penting untuk dicatat bahwa tsukomi yang dilakukan Takamina saat impersonasi yang dilakukan Tano dan Nana gagal, juga penting untuk menutup salah satu ritual komedi ala variety show itu dengan sukses. Tanpa tsukomi Takamina tersebut, lawakan impersonasi tersebut bisa berakhir garing. Salut untuk Takamina yang mampu cepat menangkap maksud dan segera membantu juniornya itu.


Berbicara tentang impersonasi Tano untuk pertama kalinya (meniru pelawak Shimura, itu semua bisa terjadi berkat 'killer-pass' dari Karen sebagai pembukaannya. Setelah Iida menyatakan bahwa Tano bisa sukses berkarir sebagai impersonator, Tano kelihata kebingungan harus bereaksi. Di sinilah Karen berinisiatif berkata bahwa Tano bisa melakukan impersonasi dari Shimura, dan mendapat reaksi bagus dari seisi studio. Karen juga lagi-lagi memperlihatkan komedi gag khasnya (membaca manga dan mereaksikannya) dan juga terlihat berhasil meningkatkan levelnya, karena akhirnya dia tahu apa yang menjadikan gag-nya itu lucu. Bagus juga terus menerus membawakan parodi dari anime/manga "Attack on Titan" di banyak acara, karena itu bisa membuatnya dilirik untuk mendapat pekerjaan di luaran sana, mengingat saat ini fenomena "Attack on Titan" masih sangat dahsyat.

Speerti Tano, Karen juga mendapat kesempatan yang ia ciptakan sendiri; ketika Tano dan Nana dibanding-bandingkan dengan Takamina, Karen bertanya apakah dia mirip Takamina pada Iida, dan hal itu membuat Iida (yang pada dasarnya juga komedian) mendapatkan kesempatan untuk sekali lagi mengubah diskusi tersebut menjadi gelak tawa dengan berkata, "Tidak!". Menarik diperhatikan juga penempatan posisi Tano dan Karen yang dipasangkan berjejer berdua (dan dekat oleh member spesialis variety show seperti Miichan dan Takamina untuk membantu mereka kalau ada bahaya 'FAIL'). Menunjukkan bahwa para staff menghargai kerja keras mereka berdua selama ini, dan mulai bergantung pada mereka.


Namun demikian, sayang sekali Juri ditempatkan sendirian jauh dari mereka berdua, dengan alasan karena ranking nya ada di episode terakhir. Sangat disayangkan bahwa itu membuatnya tidak bisa berinteraksi dengan Tano dan Karen, dan membangun chemistry yang sempurna seperti yang pernah mereka tunjukkan di [AKB48 no Anta, Dare?!] pada Oktober 2013 yang lalu (episode dimana disebut-sebut sebagai episode Andare paling lucu sepanjang sejarah Andare). Setidaknya dia berhasil menyelamatkan dirinya dengan komentarnya saat berdiri di depan, baik sebelum diumumkan hasilnya maupun sesudah diumumkan hasilnya.


Selain member-member variety show reguler yang sudah disebut, muali terlihat juga beberapa hal dari beberapa member maupun grup lain. Misalnya saja, di episode ini terlihat bahwa member-member muda HKT48 bisa mendominasi aliran pembicaraan, dengan pribadi mereka yang kuat dan bisa berdiri sendiri-sendiri. Namun, tetap saja HKT48 bisa sukses di acara ini sebagai sebuah tim solid, bukan karena mereka adalah 'sekumpulan individu unik' saja. Sashihara berperan besar dalam beberapa kali menyelamatkan reaksi anak-anak HKT. Angkat topi untuk Murashige yang sudah terlihat paham apa yang harus dia tunjukkan dan lakukan di acara-acara seperti AKBingo ini.

Milky pun juga menarik perhatian beberapa kali. Entah kenapa dia jadi 'agak aneh' di show ini, namun itu bagus sebagai penyegar dan pe-reset situasi yang agak buntu. Sayang sekali, Team 4 tidak menunjukkan apa yang diekspektasikan oleh para fans awam maupun fans biasa dari sebuah acara variety show semacam AKBingo ini (entah bagaimana menurut para fans garis kerasnya). Bahkan, Miichan yang paling diharapkan untuk mem-back up anak-anak didiknya itu juga sesekali terlihat error dan tidak berkontribusi sebaik yang seharusnya / biasanya.




Ariyoshi AKB Kyowakoku [13/01/2014]

Member : Ichikawa Miori, Iriyama Anna, Iwata Karen, Uchida Mayumi, Oshima Ryoka, Kojima Haruna, Suzuki Shihori, Nagao Mariya, Matsui Sakiko.

Kyowakoku minggu ini adalah tambahan dari format "AKB Nandemo Derby" --> para member berlomba mendapatkan poin di berbagai kompetisi, sementara Ariyoshi dan Kojiharu menebak siapa pemenangnya. Karena rekaman dilakukan dekat dengan perayaan "Hari Kedewasaan", member yang dipilih adalah para gadis yang baru saja mencapai umur dewasa menurut ukuran Jepang (20 tahun), yaitu Ichikawa Miori, Uchida Mayumi, Suzuki Shihori, dan Nagao Mariya. Kompetisinya meliputi : lomba lari 50 meter, lomba menahan nafas di dalam air sembari dikelilingi ikan dokter, dan turnamen gulat.

Kyowakoku mempunyai semacam kebiasaan, yaitu sewaktu-waktu menjadikan seorang member sebagai host / co-host selama episode acara tersebut berlangsung. Dan kali ini Karen dipilih untuk jadi co-host. Memang itu keputusan yang unik, namun masih terasa belum menghasilkan sesuatu yang signifikan. Karen dan sebagian besar member agak pasif dan cenderung harus di pimpin oleh Ariyoshi, dan itu lebih baik mengingat pengalaman dan bakatnya di dunia showbiz sudah jauh lebih matang ketimbang para member AKB.




AKB48 no Anta, Dare?! [10/01/2014]

Member : Iwata Karen, Ishida Haruka, Sato Amina, Sato Sumire

Episode kali ini menampilkan NO NAME sebagai tamu spesial, dan Amina menjadi main producer untuk kali ini. Para member saling berbagi memori mereka di sub-unit tersebut, mulai dari ingin menjadi seiyuu seperti apa di masa depan, dan Amina membuat bagan relasinya untuk kali pertama (dan terakhir) dimana dia membuat bagan untuk semua member yang berarti untuknya, selain para member di Team K. 

Sebagai tambahan membawakan 3 lagu NO NAME, para member berpartisipasi dalam quiz dimana keempatnya diberi label A, B, C, dan D (tanpa mereka boleh tahu apa jawabannya) dan mereka harus mencari tahu member siapa kah yang menyandang label tersebut, dengan menanyakan beberapa pertanyaan pada para penonton.

Poin utama dari acara ini adalah bagaimana ketiga member membacakan surat kejutan untuk Amina, dan Amina membalasnya dengan surat kejutan untuk mereka bertiga pula.

Secara keseluruhan, ini adalah Andare episode graduation special yang terbaik dan paling mengena di hati selama ini. Cukup menarik ketika memperhatikan Amina sedikit khawatir akan kesuksesan acara ini, mengingat dia baru pertama kali ada di acara ini. Dia bahkan sampai salah mengartikan beberapa momen kesunyian dari para penonton sebagai kegagalan yang disebabkan dirinya, padahal acaranya sendiri berjalan cukup menarik dengan caranya sendiri.

Berkat performanya yang tampil 100% (terutama pidato penutupannya) dan karakter kuat yang diperlihatkan oleh ketiga member lainnya, menjadikan ini adalah salah satu episode Andare terbaik dibandingkan upload-upload AKB official lainnya yang pernah ada.




Nemousu Terebi [19/01/2014]

Member : Izuta Rina, Iwata Karen, Kato Rena, Kuramochi Asuka, Takahashi Juri, Maeda Ami.

Nemousu Terebi kembali dengan season terbarunya, dan dibuka dengan episode dimana para member menjadi Miko (gadis penjaga kuil) untuk memperbaiki sikap mereka yang selama ini masih naif dan masih 'semau gue'.




Sanma Tamao no Otoshidama Anta no Yume Kanaetaro ka SP  [12/01/2014]

Member : Oshima Yuko, Takahashi Minami, Kojima Haruna, Watanabe Mayu

Beberapa member top senbatsu tampil di sebuah program televisi spesial tahunan yang dipandu oleh komedian Akashiya Sanma. Acara spesial ini adalah tentang sebuah program untuk mewujudkan impian orang-orang biasa, dan para member AKB turut ambil bagian di dalamnya dengan ikut menjadi komentator di studio.




Konya ha Kaeranai [19/01/2014]

Member : Iwata Karen (Team A), Muto Tomu (Team K), Takeuchi Miyu (Team B)

Sketsa komedi yang menjadi ritual pembuka radio ini, di minggu ini, menggambarkan Karen yang dipaksa oleh Miyu maju untuk melakukan "punchline" ((istilah dari selaan untuk mengkoreksi ke-bego-an partner komedinya) sebelum membuka program acara ini.

Kebanyakan segmen kali ini, fokus ke sesi [Shingeki no Iwata] dimana dia menghancurkan segala masalah yang dihadapi para pendengar radionya. Masalah-masalah yang muncul pada minggu ini adalah: tantangan di tempat kerjanya ketika dia harus menjadi pemimpin untuk pertama kalinya, masalah tempat tidur, cara membedakan kambing dengan domba, dan bagaimana menghentikan perkelahian antara seekor kucing dan seekor gagak.

Satu lagi, dimana ada pendengar menanyakan tentang kepribadian ganda yang dimiliki Karen, dan berujung pada diskusi di antara ketiganya tentang berbagai sisi lain dari Karen, dan bagaimana ia berusaha menyembunyikan sisi eksentriknya pada awal-awal ia bergabung dengan AKB. Sesi ini juga menceritakan bagaimana fansnya, yang mengirim surat menanyakan "Siapa Karen yang sebenarnya?", dan juga ibu serta teman-teman sekolahnya mulai mengoshimenkan Karen karena 'gap character' yang dimiliki Karen. Mereka menyatakan suka dan akan mati-matian mendukung seorang Iwata Karen, yang di satu sisi anggun, manis, serta menanggung impian dan harapan masyarakat Jepang yang tertimpa bencana, dan di sisi lain adalah gadis biasa yang berisik, suka menggila sendiri, otaku, dan tukang lawak.

Pada akhir sesi, mereka bertiga masih melanjutkan surat dari para pendengar, dan lebih banyak bicara tentang tradisi tahun baru masing-masing




_____________________________________
Mau tahu sejarah AKB48 dan biografi Takamina secara lengkap dalam bahasa Indonesia?? Sekarang anda bisa membelinya dengan mengunjungi di website ini dan di fanpage iniFans yang baik adalah fans yang tidak melupakan sejarah idolanya~ ^w^

Mau beli swag 48fams official dan unofficial yang MURAH ?? Hanya di SWAG48SHOP tempatnya kamu bisa mendapatkannya ! !

No comments:

Post a Comment