August 1, 2014

Iwata Karen @ AKB48 Group Dai Sokaku Matsuri Event dan Tanggapan Berbagai Member Forum Stage48

DVD dan Blue-ray tentang event AKB48 Group "Dai Sokaku Matsuri", telah dirilis pada tanggal 23 Juli 2014 yang lalu. Apakah ada yang sudah melihatnya atau membelinya? ^_^

Berikut adalah cuplikan trailer yang diambil dari YouTube:


Bagi para fans Iwata Karen di seluruh dunia, event ini menyimpan banyak kenangan. Karena di sinilah, Iwata Karen mendapatkan sebuah kesempatan untuk di-'transfer' secara penuh ke SKE48 dan memulai hidup baru di sana yang lebih mudah daripada di AKB48 (menurut pandangan banyak fans), dan di sini jugalah ia memutuskan untuk menolak kesempatan itu.

Kita semua yang mengawal kejadian itu pasti masih ingat benar, betapa lamanya dan sakitnya kita harus menerima dan menjelaskan alasan penolakan transfer tersebut kepada para fans AKB lain yang mencerca dan menghina Karen terus-terusan pada saat itu.

Entah mengapa, meskipun sudah jelas alasannya adalah masuk akal dan bisa diterima dengan akal sehat, sesuai kondisinya pada waktu itu, fans-fans semacam itu tetap berkepala batu dan terus-terusan menghinanya dan kita juga (mungkin apakah ada yang pernah mengalami itu?)

Untuk mengetahui alasannya secara resmi, bisa dilihat di sini. Dan untuk mengetahui surat terbuka dari blogger kepada Iwata Karen dan semua fans, bisa dilihat di sini.

Dan, blogger telah merangkum serta melakukan beberapa penyesuaian kalimat dan bahasa (agar lebih mudah dipahami dan diikuti alurnya) dari beberapa tanggapan fans-fans di forum Stage48 yang sudah menonton event ini dari DVD atau Blue-ray nya, di bawah ini:

---------------------------
@MagicKaito
Barusan selesai menonton Dai Sokaku Matsuri, sangat menyakitkan ketika aku harus melihat adegan ini lagi.

Mari kita bahas tentang Dai Sokaku Matsuri ini, dengan berfokus pada kisah transfer ketiga member Team A (termasuk di dalamnya ada Iwata Karen, Sato Sumire, dan Kikuchi Ayaka) yang akan ditransfer ke SKE48 dan NMB48. Lihatlah reaksi mereka di bawah ini.

3 orang menunggu pengumuman
Karen menunjukkan ekspresi yang tegar...
...namun dia menangis dari dalam hati.
Bahkan Jurina pun terlihat sangat terkejut
Poin utamanya di sini adalah Karen, dimana ketika dia mendengarkan pengumuman kepindahannya, dia terkejut namun berpura-pura kuat. Dan aktingnya sangat berbeda dengan dirinya yang dulu yang langsung dan sering menangis saat melakukan MC.

Jika kalian masih tidak tahu atau menyadarinya sampai sekarang ini, kepribadian Karen yang sebenarnya adalah tipe gadis yang introvert (blogger's note: menutup diri atas perasaannya yang sebenarnya). Walaupun dia berusaha tegar, namun kesedihannya masih bisa dilihat dari ekspresinya. Beberapa member merasa shock juga dengan pengumuman itu, bahkan Jurina pun yang paling terkejut. (blogger's note: dan di balik panggung pun, Jurina lah orang pertama yang langsung datang pada Karen untuk meyakinkan Karen bergabung dengannya di SKE48)

Kenapa mereka bisa seterkejut itu? Karena mereka adalah para member yang mengerti diri Karen yang sebenarnya, seorang idol muda yang mendapat banyak respek dari para senior dan junior. Karen adalah permata AKB yang sebenarnya, salah satu idol yang karirnya akan tetap bersinar ketika dia tidak akan ada lagi di AKB.

Beberapa di antara kalian yang cukup mengetahui aktivitas Karen biasanya berpendapat bahwa dia adalah idol yang 'multitalenta'. Namun ada lebih dari itu yang membuatnya dapat dikatakan sebagai 'spesial'. Aku berbicara tentang inti AKB yang lebih sering mempertunjukkan nyanyian dan tarian, dimana Karen sangat bagus dalam keduanya. Salah satu yang paling bersinar darinya sejak awal adalah kualitas suaranya yang menakjubkan setiap kali ia tampil.

Jika kalian ingin bukti terhadap kualitas nyanyiannya, lihat saja pada saat audisinya (kalian akan dapat melihat bahwa dia berbeda dengan member lainnya). Tariannya juga sangat bagus, dan bagiku pertama kali terlihat pada saat dulu ia masih tampil sebagai Under untuk Itano Tomomi di lagu "Seifuku Resistance", dan tariannya selalu berkembang sampai sekarang. Saat ini dia secara rutin ditempatkan di unit song "Renai Kinshi Jourei" dan akhir-akhir ini aku menyadari peningkatan kemampuan tariannya.

Jika kalian membandingkan RKJ dengan SR, kedua lagu unit song ini mempunyai kemiripan karakter yaitu tipe lagu yang energik, dominan di tarian, dan menggunakan earmic. Namun, RKJ lebih berasa feminim dan kualitas lagunya lebih bagus. Dari tarian RKJ, kalian akan bisa melihat energi yang keluar darinya, detil gerakan, emosi (seperti yang pernah Akimoto Sayaka katakan tentang Karen dengan detil), dan yang terakhir berkembang adalah kemampuannya mengeluarkan sisi feminim di setiap tariannya. 

Di samping dua alasan di atas, masih ada banyak alasan yang dapat membuatnya terus dipertahankan AKB. Bukannya aku merendahkan 48Group yang lain, namun AKB adalah tempat yang tepat untuk Karen. Itu karena, baginya, AKB bukan sekedar batu loncatan untuk menjadi populer nantinya, namun AKB adalah rumah, sekolah, dan segalanya untuknya.

Untuk AKB selama ini, dia sudah banyak mengorbankan kehidupan normalnya dan sejak awal dia selalu bertarung dengan impian-impian lainnya, dan sampai saat ini dia selalu memikirkan orang lain.

Suuchan mulai menangis
Dia berusaha kuat, namun pada akhirnya dia jatuh terduduk lemas di panggung
Member lain mencoba menenangkan Suuchan di balik panggung
Sato Sumire bergabung di AKB sebagai Generasi ke-7 sejak 2008. Suuchan yang selalu dekat dengan Karen harus dipindah ke SKE. Ia paling mengenal Karen sejak proyek anime AKB0048. Dia selalu mendapatkan push dari manajemen sejak awal, jika kalian menghitung sudah berapa kali dia menjadi undergirls

Kikuchi Ayaka menangis
Ia kehilangan tenaga untuk berada di panggung lebih lama
Dukungan dari staff di balik panggung
Kikuchi Ayaka adalah kasus spesial di AKB, karena dia adalah satu-satunya member yang mengikuti audisi dan lulus dua kali (kecuali Jo Eriko yang mengikuti audisi dengan cara yang berbeda dengan jalur biasanya). Pada asalnya, dia berasal dari Generasi ke-3, namun lulus karena skandal dan mengikuti audisi lagi pada Generasi ke-7 dan berhasil masuk lagi. Sebenarnya, dia tidak memiliki alasan kuat untuk berada di audisi kedua ini, namun karena perjuangannya, ia masih bisa bertahan dari 2008 sampai tahun ini. Setelah dia berpikir apa yang akan dia lakukan setelah lulus, dan berdiskusi dengan Karen, dia kini menjalani impiannya di dunia fashion.

Ada 3 member dari Team A yang memiliki kondisi berbeda-beda yang mengalami pilihan yang sulit di Dai Sokaku Matsuri. Pihak manajemen berkata bahwa jika mereka mengubah susunan dari bunga-bunga (blogger's note: bunga di sini adalah metafora untuk para idol), beberapa dari mereka akan dapat tumbuh dengan baik. Oke, jika demikian maka trial-and-error harus dilakukan, dan pastinya beberapa dari mereka akan layu dan mati.

Pertama, untuk Karen. Dia memutuskan untuk berada di AKB, namun kelompok Anti-nya meningkat (aku harap kelak mereka akan memahami Karen) dan kesempatan untuknya semakin menurun dibandingkan sebelumnya, kecuali untuk kesempatan di provinsi Tohoku. Aku mendukung keputusannya menolak kepindahan ini, tidak seperti yang member lain lakukan, karena memang pada dasarnya kau tidak harus selalu melakukan apa yang dikatakan manajemenmu. Yang mengerti apa yang terbaik untukmu adalah dirimu sendiri. Dalam hal ini, manajemen selalu berpikir dua langkah ke depan seperti di permainan catur, namun mereka tidak pernah ada plan B yang bagus seperti di kasus yang Karen alami.

Kedua, untuk kasus Suuchan. Ia mengikuti apa yang manajemen mau, namun lihatlah bahwa hasilnya negatif untuknya (dilihat dari hasilnya di Sousenkyo tahun ini). Terakhir, untuk kasus Ayarin. Pada akhirnya dia memutuskan untuk lulus. Ini adalah dampak negatif terbesar dari sebuah Dai Sokaku Matsuri.

Di AKB, banyak sekali member yang jarang mendapat perhatian dari manajemen namun masih dapat bertarung di AKB selama bertahun-tahun, karena kebesaran hatinya dan rasa cintanya untuk AKB. Untuk para member, AKB bukan sekedar tempat kerja, namun juga rumahnya, sekolahnya, temannya, dan impiannya. Jadi mereka semua masih akan senang berada di sini sampai saatnya tiba untuk mereka kembali mengikuti impian mereka.

Manajemen seharusnya tidak selalu mengubah-ubah posisi bunga dengan sembarangan dan feeling saja, namun terlebih dulu mereka harus memperhatikan detil karakter setiap bunga sehingga mereka bisa mekar dan tidak mati. (blogger's note: di dalam dunia manajemen botani sendiri itu adalah prinsip yang penting. Dan manajemen bisnis serta organisasi yang baik pun seharusnya seperti itu; memperhatikan karakteristik tiap2 karyawannya)

---------------------------
@Crossheart

- Dai Sokaku Matsuri... Yah, setelah mengetahui apa yang terjadi di dalam rumah tangga keluarga besar Iwata, aku pikir Karen sudah memutuskan untuk menolak kepindahan ini sejak namanya dipanggil. Namun, sekali lagi, profesionalismenya harus muncul dan dia harus naik ke panggung dengan tegar seperti yang bisa kita semua lihat.

- Untuk Suuchan, yah.. Aku sudah tahu sebelumnya bahwa dia tidak memiliki stabilitas emosi yang bagus. Namun pemandangan jatuhnya dia itu memang mematahkan hati... Namun, aku sangsi bahwa kepindahan dan double-team seperti ini mempengaruhi ranking Sousenkyo. Masih sangat dini menyimpulkan bahwa dia tidak mendapatkan ranking karena hal ini. Apalagi, kalau melihat bahwa ranking nya selalu drop setiap tahunnya. Di sisi lain, Suuchan mendapatkan banyak waktu syuting di acara-acara TV baru SKE, dan dia ada di senbatsu untuk single Bukiyou Taiyou. Jadi masih sangat dini mengatakan bahwa ini buruk untuknya.

- Untuk Ayarin, yah, dia sudah pernah ada "sejarah". Jadi, aku pikir mungkin saja dia melihat ini sebagai salah satu cara manajemen untuk "memecatnya" secara halus...

---------------------------
@MagicKaito

Aku akan menambahkan sedikit opini lagi

Sousenkyou itu lebih rumit daripada yang kita pikir. Namun, jika kalian melihat dari masa lalu ke amsa sekarang, status member yang kena transfer atau double-team ke sister grup lainnya selalu berdampak pada rankingnya di Sousenkou.

Dari transfer berskala international, ranking Akicha semakin drop dan hanya Sae yang masih stabil rankingnya. Kitahara yang memiliki status double-team jadi drop, dari Senbatsu ke level Undergirl, berbeda halnya dengan apa yang dialami Yokoyama. Transfer terbaru akhir-akhir ini adalah Umeda Ayaka, dimana rankingnya drop dari lini akhir Senbatsu ke level Next Girls.

Membandingkan hasil ranking berdasarkan pada hasil perhitungan mentah saja, akan membuatmu tahu berapa banyak voting untuknya yang naik dan turun, equivalen dengan jumlah total fans (berpikir saja seperti rumus persamaan linear). Kalian akan tahu bahwa Sousenkyo tahun ini, memiliki fakta menarik, dimana rata-rata dari vote yang diperlukan untuk berada di ranking yang sama seperti tahun lalu adalah lebih kecil daripada jumlah vote yang didapatkan pada tahun lalu. Sebuah pola yang anomali untuk event Sousenkyo Senbatsu, yang biasanya selalu naik jumlah votenya.

Berdasarkan itulah, bisa dibilang bahwa jika kita tidak dapat berada pada posisi yang sama atau malah turun, maka fans kita bisa dibilang berkurang sebanyak selisih jumlah vote yang kita dapat dari tahun kemarin dan tahun ini (hitung-hitungan yang simpel aja). Masih ada sekelompok fans yang berpikir kolot, "Jika kau tidak ada di grup ini lagi, maka aku akan berhenti mendukungmu!"

Dan, mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk tampil dan ada di formasi senbatsu single, tidak akan menjaminmu lebih populer dan mendapat ranking tahun depan, bahkan ke level Senbatsu. Contoh gampangnya adalah bahwa di SKE, jika kalian melihat seberapa banyak member di jajaran senbatsu single ke-14 SKE48 yang mendapat ranking di Sousenkyo milik AKB. Bisa dilihat dengan jelas bahwa member yang juga sering di push di SKE dan terjamin posisinya di setiap senbatsu SKE, pada akhirnya tetap tidak mampu mendapatkan ranking di Sousenkyou milik AKB.

Dari rentetan kasus transfer member yang terjadi di Dai Sokaku Matsuri, hampir semua dari mereka mendapatkan posisi senbatsu untuk single selanjutnya. Namun, itu hanya terjadi sekali dan tidak menjamin bahwa mereka akan juga kembali masuk di jajaran senbatsu untuk single-single selanjutnya.

Jadi pada dasarnya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun untuk generasi yang sudah cukup lama seperti Suuchan, yang pada dasarnya sudah melanglang buana selama 5 tahun di AKB, walaupun dia mendapatkan lebih banyak popularitas setelah ini, waktunya untuk lulus mungkin tidak akan lama lagi. Karena aku ragu member seperti ini akan menghabiskan waktunya di 48Group sampai 8-10 tahun.

Aku sendiri tidak terlalu memaksakan status transfer atau double-team seorang member, namun setidaknya mereka masih senang berada di situasi seperti itu dan masih bertarung sampai saat ini.

---------------------------
@sweetygirl1994
Setelah melihat Dai Sokaku Matsuri, aku tidak tahu harus bicara apa. Sungguh memilukan hati, ketika melihat Karen berusaha tegar, namun kita bisa melihat betapa sedihnya dia ketika mereka memfokuskan kamera kepadanya.

Terkait dengan masa depannya, aku masih yakin bahwa dia akan mendapatkan waktunya untuk bersinar, tidak peduli dia berada di dalam atau di luar AKB. Apapun yang terjadi, aku akan selalu mendukungnya. Itu yang aku janjikan.

---------------------------
@MagicKaito
Lihat bagaimana si Takamina 2nd kita ini berlaku,









Ketika dia melihat seseorang membutuhkannya, apalagi jika orang itu adalah sahabat terdekatnya, maka dia segera berangkat dari tempatnya untuk menolong Suuchan. Itu menunjukkan betapa lembut Karen ini sebenarnya.

Dia selalu mempunyai hati yang baik dan menjadikan orang lain prioritas utama melebihi dirinya sendiri. Setelah melihat Dai Sokaku Matsuri ini, kalian akan tahu bahwa walaupun hatinya hancur berkeping-keping, dia masih meminjamkan kekuatannya untuk mengangkat Suuchan berdiri kembali lagi (yang bahkan tak bisa dilakukan Takamina pada saat itu).

Dari pribadi seorang Karen, kalian akan belajar bagaimana caranya menjadi insan yang hebat dengan cara selalu menjadi pertolongan untuk orang lain, meskipun kalian jarang atau tidak pernah mendapatkan pertolongan yang sama dari siapa pun.

----------------------------

(source: http://stage48.net/forum/index.php?threads/iwata-karen-karen.3715/page-82)

________________________________________
Mari bergabung dengan Iwata Karen Fansclub Indonesia atau fanpage buku Shingeki no Iwata Karen di Facebook, dan have fun dengan sesama Karen-oshi di sana~~! ( ^ ^ )/■(^^)

Mau beli swag 48fams official dan unofficial yang MURAH ?? Hanya di SWAG48SHOP tempatnya kamu bisa mendapatkannya ! !

No comments:

Post a Comment